Rabu, 29 Juni 2011

cara kerja

Cara Kerja Motor 4 tak

Sering kali kita mendengar atau melihat iklan sebuah sepeda motor yang berbunyi misalnya "motor A dengan menggunakan mesin 4 tak/langkah 115cc". Sebenarnya apa sih motor 4 tak/langkah itu?
Motor 4 tak/langkah adalah motor yang untuk menghasilkan satu kali tenaga membutuhkan empat kali siklus kerja piston.
Mari kita bahas satu persatu siklus kerja mesin 4 tak
1. Langkah Isap (Induction)
Pada langkah isap, piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) menuju TMB (Titik Mati Bawah). Klep inlet membuka hingga piston melewati TMB. Klep inlet membuka untuk membiarkan campuran udara dan bahan bakar dari karburator masuk ke dalam silinder untuk selanjutnya dikompresi.
2. Langkah Kompresi (Compression)
Piston bergerak dari TMB menuju TMA. Pada langkah ini, kedua klep (isap dan buang) dalam posisi tertutup. Gerakan piston menuju TMA menekan campuran udara dan bahan bakar yang tadi diisap ke dalam silinder.
3. Langkah Usaha (Power)
Sebelum piston mencapai TMA, busi memercikkan bunga api dan terciptalah ledakan pembakaran. Akibat tekanan ledakan ini, piston bergerak menuju TMB setelah melewati TMA. inilah yang dinamakan langkah usaha.
4. Langkah buang (Exhaust)
Piston bergerak dari TMA menuju TMB setelah menerima ledakan bahan bakar di kepala silinder. Klep buang membuka sebelum piston mencapai TMB. Klep buang membuka untuk memberi kesempatan gas sisa pembakaran keluar ke udara bebas melalui knalpot.
Dibawah ini gambar siklus motor 4 langkah



jadi, sekarang anda sudah mengerti kan apa itu motor 4 tak/langkah!
Ok, itu info seputar siklus kerja motor 4 tak/langkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar