Rabu, 29 Juni 2011

ganbar

cara kerja

Cara Kerja Motor 4 tak

Sering kali kita mendengar atau melihat iklan sebuah sepeda motor yang berbunyi misalnya "motor A dengan menggunakan mesin 4 tak/langkah 115cc". Sebenarnya apa sih motor 4 tak/langkah itu?
Motor 4 tak/langkah adalah motor yang untuk menghasilkan satu kali tenaga membutuhkan empat kali siklus kerja piston.
Mari kita bahas satu persatu siklus kerja mesin 4 tak
1. Langkah Isap (Induction)
Pada langkah isap, piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) menuju TMB (Titik Mati Bawah). Klep inlet membuka hingga piston melewati TMB. Klep inlet membuka untuk membiarkan campuran udara dan bahan bakar dari karburator masuk ke dalam silinder untuk selanjutnya dikompresi.
2. Langkah Kompresi (Compression)
Piston bergerak dari TMB menuju TMA. Pada langkah ini, kedua klep (isap dan buang) dalam posisi tertutup. Gerakan piston menuju TMA menekan campuran udara dan bahan bakar yang tadi diisap ke dalam silinder.
3. Langkah Usaha (Power)
Sebelum piston mencapai TMA, busi memercikkan bunga api dan terciptalah ledakan pembakaran. Akibat tekanan ledakan ini, piston bergerak menuju TMB setelah melewati TMA. inilah yang dinamakan langkah usaha.
4. Langkah buang (Exhaust)
Piston bergerak dari TMA menuju TMB setelah menerima ledakan bahan bakar di kepala silinder. Klep buang membuka sebelum piston mencapai TMB. Klep buang membuka untuk memberi kesempatan gas sisa pembakaran keluar ke udara bebas melalui knalpot.
Dibawah ini gambar siklus motor 4 langkah



jadi, sekarang anda sudah mengerti kan apa itu motor 4 tak/langkah!
Ok, itu info seputar siklus kerja motor 4 tak/langkah.

cara bongkar

Cara Bongkar Kepala Silinder

 
Berikut ini urutan pembongkaran kepala silinder pada sepeda motor (Honda C100)
  • Lepaskan bodi tengah
  • Lepaskan tutup busi dan kepala busi
  • Lepaskan tutup sprocket noken as sebelah kiri
  • Lepaskan Knalpot
  • Lepaskan manifold
  • Lepaskan tutup lubang pemutaran poros engkol dan tanda timing
  • Lepaskan tutup-tutup lubang penyetelan katupTANDA NOKEN AS
  • Putar poros engkol berlawanan arah jarum jam sampai tanda “O” pada sprocket noken as bertepatan dengan tanda penyesuaian pada kepala silinder  
  • Lepaskan baut-baut pemasangan sprocket noken as dan keluarkan sprocket
  • Lepaskan baut yang mengikat kepala silinder dengan silinder
  • Lepaskan empat buah mur dan cincin pemasangan tutup kepala silinder KEP SILINDER
  • Lepaskan tutup kepala silinder
  • Lepaskan gasket tutup kepala silinder
  • Lepaskan kepala silinder
  • Lepaskan gasket kepala silinder
  • Lepaskan tutup samping kanan kepala silinderTUTUP KANAN
  • Sekrup sebuah baut pada ujung poros pelatuk dan tarik keluar dari dalam kepala silinderPOROS PELATUK



  • Lepaskan pelatuk, plat stopper dan noken as
  • Lepaskan kuku katup, pegas dan katup
  • Bersihkan seluruh komponen dengan cairan pembersih
  • Amati dan identifikasi komponen-komponen
  • Rakit kembali komponen dengan langkah kebalikan melepas
Penting!
  • Pada saat pemasangan kepala silinder cincin tembaga ditempatkan di sebelah kanan bawah.
  • Perhatikan poros pelatuk, bagian yang mempunyai alur drat berada di bagian luar.
  • Posisikan noken as pada posisi bebas, dan piston pada posisi TMA.

perbedaan

Komponen Motor 4 Tak


Setelah kita mengetahui apa itu motor 4 tak, sekarang kita pelajari komponen-komponen apa yang terdapat di kepala silinder motor 4 tak. Komponen kepala silinder motor 4 tak terdiri dari:
1.    Noken As (Camshaft)
camshaft    Fungsi dari noken as adalah untuk mengatur waktu membuka dan menutup  klep melalui bentuk gunung-gunung di noken as sehingga klep bisa teratur pada saat motor bekerja. Kerusakan yang sering terjadi, bagian gunung-gunung noken as mengalami keausan sehingga timbul suara kasar/berisik pada kepala silinder.
2.    Pelatuk Klep(Rocker Arm)
rocker-arm-cutoutKetika mesin bekerja, pelatuk klep berfungsi sebagai perantara putaran noken as guna mengatur buka tutup klep. Gerakan berputar dari noken as diubah menjadi naik turun pada klep oleh pelatuk klep. Gerakan naik turun ini diatur oleh gunung-gunung noken as.

3.    Klep (Valve) 
     Klep terdiri  dari dua macam
klep    -    Klep masuk, yang berfungsi mengatur jalan masuk udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang bakar
    -    Klep buang, yang berfungsi mengatur jalannya pembuangan gas sisa pembakaran ke knalpot dan  diteruskan ke udara bebas.
    Agar kinerja motor optimal, celah antara klep dan pelatuk klep harus disetel setiap 2000 km dengan ukuran yang sudah ditentukan oleh pabrik motor.

4.    Sil Klepsilklep 
     Sil klep dipasang di bos klep dimaksudkan agar oli yang terdapat di kepala silinder tidak bocor ke ruang bakar melalui celah antara batang klep dan bos klep. Kerusakan yang sering terjadi adalah sil pecah atau keras, ditandai dengan adanya asap putih tipis di knalpot ketika mesin dihidupkan.
 
5.    Bos Klep
    Bos klep berfungsi sebagai jalur bergeraknya batang klep. Bila bos klep telah aus/longgar di bagian knalpot akan timbul asap putih tipis dan perbaikannya harus diganti dan pemasangannya di tukang bubut.
6.    Per Klepperklep 
    Setelah klep terbuka akibat tekanan dari pelatuk klep, per klep akan mengembalikannya ke posisi semula sehingga menutup.
 
7.    Topi dan Kuku Pengunci Klep
    Berfungsi untuk menahan per klep agar tidak lepas dan dapat bekerja dengan baik.
 

Kamis, 09 Juni 2011

Motor Tiger modif keren

Entri BlogMotor Tiger modif kerenOct 24, '08 3:31 AM
untuk semuanya

Jarang-jarang saya suka road bike, tapi modif yang ini saya suka! Boleh nih dibuat ide modifan tiger!


Steve Metz bought his 2000 Monster 900 in Boston and, less than a mile from the dealership on its maiden voyage, he crashed. That's when "El Tigre" was born. Now residing in San Francisco, California, Metz made his Monster totally unique with a one-of-a-kind, orange-and-black, tiger-stripe paint scheme-and then added a 4-foot-long tail! the bike also features numerous performance upgrades to back up its appearance-a 944cc engine kit, lightweight flywheel and full Termignoni exhaust system to name three. Metz has several hundred hours and over $20,000 invested in his bike, and it shows
Sebelumnya: Masa-masa berbahaya Ninja 250R di Indonesia
Selanjutnya : Harga BBM harusnya turun!